Lomba Banjari CSS Mora Universitas Airlangga Surabaya

Unknown

Lomba Banjari CSS Mora Universitas Airlangga Surabaya - salah satu lomba yang diadakan oleh anggota CSS mora Universitas Airlangga Surabaya,  kegiatan ini selain bermanfaat untuk pengembangan bakat dan minat pada beserta juga mensosialisasikan universitas airlangga melalui lomba banjari, adapun profil CSS mora bisa anda baca dibawah ini



Sumber : Youtube.com

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan pertama di Indonesia yang muncul pada abad ke-17 telah melahirkan banyak santri dengan berbagai karakter, keahlian ilmu, sehingga perannya sudah tidak diragukan lagi dalam mewarnai peradaban Nusantara, khususnya Indonesia saat ini.

Santri dalam perkembangan zamannya tidak hanya menamatkan pendidikan di pesantren saja. Dahulu jebolan pesantren sulit untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, tetapi kini tidak sedikit santri yang mendapat kesempatan untuk melanjutkan studi ke bangku kuliah.

Sebagai wujud apresiasi eksistensi pesantren, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia memberikan beasiswa kepada santri untuk studi sarjana di perguruan tinggi favorit di Indonesia. Beasiswa yang dinamakan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) itu sudah diselenggarakan sejak tahun 2005 melalui seleksi yang diadakan setiap tahun.

PBSB merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Agama. Hingga kini program tersebut sudah menembus perguruan tinggi  negeri favorit, seperti Institut Pertanian Bogor, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang, Universitas Gajah Mada Yogjakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, Intitut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Mataram Lombok, Jakarta, Universitas Surya Tangerang, Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Jakarta.

Pada pertemuan tingkat nasional yang diikuti oleh mahasiswa PBSB pada 12 Desember 2007, di Lembang, Bandung, Jawa Barat, terbentuk organisasi yang mewadahi seluruh mahasiswa PBSB yang diberi nama CSS (Community of Santri Scholars), yang diketuai pertama kali oleh Angga (IAIN Sunan Ampel).

Kemudian pada Musyawarah Nasional I CSS yang terlaksana pada 12-14 Juli 2008 di hotel Galuh Tirtonirmolo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, atas beberapa pertimbangan serta permintaan dari Kementerian Agama yang dulu masih bernama Departemen Agama Republik Indonesia untuk mencantumkan Departemen Agama pada nama organisasi ini dalam satu bahasa. Oleh karena itu tepatnya pada pada 13 Juli 2008, nama yang sebelumnya CSS diubah menjadi CSSMoRA (Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs).

Bagi santri yang menjadi mahasiswa PBSB, secara otomatis menjadi anggota CSSMoRA. Sampai saat ini, lebih dari 3.500 santri yang sudah diberi beasiswa Kementerian Agama. Ribuan santri yang lulus sarjana sudah berkiprah mengabdi di masyarakat, baik sebagai dokter, teknokrat, insinyur, guru, dosen dan lain-lain.

Dasar CSSMoRA adalah Pancasila dan Islam-Kepesantrenan, sifatnya kekeluargaan dan bebas dari politik praktis. CSSMoRA mempunyai visi terciptanya anggota CSSMoRA yang berorientasi pada keilmuan, pengembangan dan pemberdayaan pesantren serta pengabdian masyarakat. Sedangkan misinya adalah mempererat silaturrahmi antar anggota, mengembangkan bakat dan minat dari anggota, mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta mengembangkan jejaring organisasi.

Pada awalnya CSSMoRA berfungsi sebagai kepanjangantangan dari Kementerian Agama yang berfungsi mengakomodir serta mengembangkan kemampuan berorganisasi mahasiswa PBSB. Namun, kini CSSMoRA telah menjadi organisasi yang bersifat independen, tetapi secara kultural masih ada hubungan erat dengan Kementerian Agama.

Tingkat kepengurusan CSSMoRA terbagi menjadi dua; Nasional dan Perguruan Tinggi. Pengurus tingkat nasional berasal dari CSMoRA. Sementara itu, program kerja dari CSSMoRA PT sangat bervariasi. Baik program untuk internal anggota maupun program eksternal, seperti kegiatan tradisi-tradisi kepesantrenan, penggalian serta peningkatan minat dan bakat anggota, bakti sosial, pemberdayaan pesantren, pengabdian masyarakat, Sumber : cssmora.org

0 komentar :

Posting Komentar