PUISI GUS MUS BERJUDUL LIRBOYO

Unknown

PUISI GUS MUS BERJUDUL LIRBOYO



Lirboyo,
Masihkan tebu-tebu berderet manis melambai disepanjang jalan menyambut langkah gamang santri anyar menuju gerbangmu? Ataukah seperti dimana-mana pabrik-pabrik dan bangunan bergaya sepanyolan yang angkuh dan genit menggantikannya?

Lirboyo,
Masihkan mercusuar-mercusuar petromak sepembuluh bambu setia menemani para santri bersaharul layali? Ataukah seperti di mana-mana neon-neon kebiruan yang berjaga kini seperti bola-bola lampu menggantikan teplok-teplok gothakan?

Lirboyo,
Masihkan shorof dan i'lal dihafal diserambi, dapur dan pematang? Dan senandung alfiyah membuai merdu? Ataukah seperti dimana-mana santri lebih suka menghafal lagu-lagu dan alunan dangdut dari transistor modern masa kini?

Lirboyo,
Masihkah musyawarah pendalaman ilmu dan halaqoh-halaqoh menghidupkan malam-malam penuh ghirrah dan himmah? Ataukah seperti dimana-mana diskusi-diskusi sarat itulah tanpa kelanjutan dinilai lebih bergengsi dan bergaya?

Lirboyo,
Masihkan sari-sari pikiran Al Ghazaly dikaji sore dan setiap saat dicontohkan dalam perilaku Bapak Kiai? Ataukah seperti dimana-mana penggalan-penggalan kata-kata mutiara dianggap lebih bermakna salam kaligrafi dan majalah-majalah?

Lirboyo,
Masihkan santri-santri bersama-sama melakukan sholat setiap waktu dalam derajat ganjarannya yang berlipat dua puluh tujuh? Ataukah seperti dimana-mana orang merasa tak punya waktu sibuk memburu saat-saat kesendirian untuk diri sendiri?

Lirboyo,
Masihkah Mbah Manab, Mbah Marzuqi, dan Mbah Mahrus memercikkan tsawab berkah dala, suksesi ilmu dan amaliyah? Ataukah dimana-mana mereka tidak punya arti apa-apa kecuali dibuat dikenang sesekali dalam upacara haul yang gegap gempita?

Lirboyo,
Masihkah senggotmu terasa berat bagi penimbanya? Ataukah lebih berat lagi?

Lirboyo,
Kaifa Hal? Bagaimana kabar Gus Idris, Gus War, Gus Imam, Gus Maksum?

Lirboyo,
Dimana-mana ada lirboyo
Dimana-mana ada Mbah Manab
Dimana-mana ada Mbah Marzuqi
Dimana-mana ada Mbah Mahrus
Dari senggotmu mereka menimba 

Lirboyo,
Aku Rindu Kau...!!!

 Jangan Lupa Tnton Videonya Sobat


0 komentar :

Posting Komentar